Selasa, 15 Februari 2011

Sejarah Game dan Perkembangannya

Jika kita berbicara tentang game, pasti kita semua sudah tau apa itu sebenarnya game. Game adalah permainan yang menggunakan interaksi dengan antarmuka pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti vidoe. Atau dengan bahas kita sehari - hari adalah mainan atau permainan. Bila kita ingin memainkan suatu game atau permainan maka, kita pasti akan membutuhkan suatu alat untuk membantu kita bermain game, dan juga pasti terdapat peraturan. Langsung aja dah tanpa basa basi saya akan menjelaskan sedikit tentang sejarah game.


Generasi Pertama


Menurut artikel yang saya baca. Game yang pertama kali dibuat adalah sebuah Game Interaktif yang dibuat pada tahun 1947. Game ini dibuat beberapa tahun setelah berakhirnya perang dunia yang ke II. Permainan interaktif elektronik ini pertama kali dibuat dan menampilkan rudal yang dimana digunakan dalam perang dunia ini yang diilhami oleh Thomas T.Goldsmith dan Estle Ray Mann untuk membuat game simulator rudal pada tabung sinarkatoda. Permainan ini menggunakan analog sepenuhnya dibentuk untuk mengontrol balok CRT ( Cathode Ray Tube ) dan keposisi titik merah pada layar tampilan.

















Generasi Kedua

Kemudian pada game generasi kedua ini game Multiplayer Game dibuat pada tahun 1961. Pada tahun 1961, sekelompok mahasiswa MIT memprogram sebuah permainan yang disebut spacewar, yang dapat dimainkan oleh dua orang pemain sekaligus, masing - masing mengendalikan pesawat, menembakkan rudal satu sama lain.
















Generasi Ketiga

Pada Generasi ketiga ini adalah Game Untuk Umum yang dibuat pada tahun 1971. Pada bulan september 1971, game Galaxy adalah game mesin permainan koin pertama yang dioperasikan, atau sebutan bagi kita itu adalah ding dong.Hehehehehe. Game ini dipasang di Stanford University California, dan kemudian 1.500 unit ruang komputer diproduksi pada bulan November dan tersedia untuk dijual.






















Generasi Keempat

Pada generasi keempat ini adalah Game Konsole Rumahan yang dibuat pada tahun 1972. Game Magnavox Odyssey, yang dirancang oleh Ralph Baer. Sayangnya game ini mengalami kegagalan dalam pemasarannya. Karena game ini membutuhkan sebuah televisi untuk memainkan konsolnya.













Generasi Kelima

Pada game generasi kelima ini adalah Game Arcade yang menggunakan sebuah Mikroprosessor yang dibuat pada tahun 1975. Gun Fight adalah nama permainan yang diliris pada tahun 1975 oleh Midway Games dan adalah yang pertama dari jenisnya yang menggunakan mikroprosessor. Menggunakan CPU 8080, Mikroprosessor chip 8-bityang dianggap benar benar dapat digunakan untuk game.

















Generasi Keenam

Pada game generasi keenam ini adalah Game Genggam yang dibuat pada tahun 1979. Microvision adalah permainan LCD yang dirilis pertama kali dengan berbasis konsol genggam. Didistribusikan oleh Milton Bradley dan menampilkan permainan kartrid yang dapat dipertukarkan. Ini merupakan inspirasi awal untuk D-Pad yang banyak digunakan pada konsole pengemudi masa depan, tentu saja seperti game boy.





















Generasi Ketujuh

Pada game generasi ketujuh ini adalah Game 3D Rumahan yang dibuat pada tahun 1981. 3D Monster Maze adalah permainan pertama yang dirilis pada mesin game komersial 3D. Dikembangkan oleh Malcolm Evans pada tahun 1981 untuk platform Sinclair ZX81. Permainan diberikan point untuk setiap langkah pemain tanpa tertangkap oleh Tyrannosaurus Rex yang memburu mereka di 16 sel, dalam labirin acak.
















Generasi Kedelapan

Pada game generasi kedelapan ini adalah Game Online yang dibuat pada tahun 1983. Uperset software adalah sebuah perusahaan kecil yang didirikan pada tahun 1981 di Utah, bertanggung jawab untuk permainan online pertama. Snipes, dimainkan antara beberapa orang pada beberapa sistem komputer pribadi IBM pada tahun 1983. Hal itu dilakukan untuk menguji dan menunjukkan kemampuan mesin dan sistem IBM baru, meskipun mentah ini adalah awal dari game online yang kita mainklan hari ini.














Generasi Kesembilan

Pada game Generasi Kesembilan ini adalah Game dengan sistem 8-Bit yang dibuat pada tahun 1985. Sebuah prosesor 8 bit dapat mengakses 8 bit data dalam sebuah operasi tunggal. Kemampuan dalam bit dari sistem video game berarti bahwa grafis dan game dimainkan dengan cepat.Mungkin bagi kita game ini disebut dengan nintendo.















Generasi Kesepuluh

Pada game Generasi Kesepuluh ini adalah Game dengan fitur Darah dan kekerasan yang dibuat pada tahun 1986. Chiller adalah video game pertama yang memiliki fitur darah dan kekerasan. Dirilis pada tahun 1986 di mesin arcade, menampilkan pistol cahaya dengan pemain mengendalikan karakter dan menembak semua yang ada di layar ( termasuk hantu, zombie, dan manusia ).

















Generasi Kesebelas

Pada game Generasi Kesebelas ini adalah Game dengan Sistem 16-Bit pada tahun 1987. TurboGrafx-16 Entertainment SuperSystem dirilis di Jepang pada tahun 1987. Ini dilakukan oleh NEC dan sistem pertama untuk fitur modul CD opsional, atau singkatannya bermain game dari CD. Ini berarti penyimpanan yang lebih besar, biaya lebih murah dan suara yang lebih baik untuk permainan TurboGrafx.
















Generasi Kedua Belas

Pada Game Generasi Keduabelas ini adalah Game dengan sistem 32-Bit yang dibuat pada tahun 1993. Meskipun dengan sistem 32 bit, Amiga CD -32 yang dirilis pada bulan September 1993, hanya terjual 100.000 unit diseuruh dunia. Demikian pula Atari Jaguar ( Dirilis pada bulan November 1993 ) hanya terjual 500.000 unit di seluruh dunia. Namus di USA konsol pertama Panasonic 3DO Interactive Multiplayer Dirilis dan terjual 2 juta unit.












Generasi Ketiga Belas

Pada Game Generasi Ketiga belas ini adalah Game Konsol " 3D Nyata " yang dibuat pada tahun 1995. Dirilis pada tahun 1995 oleh Nintendo, sebuah konsol Virtual Boy adalah konsol dengan lensa mata pada satu sisi yang menampilkan gambar 3D, namun sulit untuk digunakan dan dianggap berisiko untuk mata manusia.



















Generasi Keempat Belas

Pada Game Generasi ini adalah Game dengan sistem 64-Bit dan 128-Bit yang dibuat pada tahun 1996 - 2002. Nintendo 64, meskipun dikelompokkan dengan ke-era 32-Bit, sebenarnya dia adalah mesin 64-Bit. Sistem 128-Bit termasuk Dreamcast, Nintendo GameCube, Playstation 2 dan X-BOX, segera Dreamcast dengan yang dirilis pada tahun 1998, dan Playstation 2 yang merupakan konsol terlaris sepanjang masa.

















Generasi Kelima Belas

Pada game Generasi Kelima Belas ini adlah Game yang dikendalikan tanpa Controller yang dibuat pada tahun 2004. EyeToy adalah periferal pertama yang memungkinkan pengguna untuk memainkan permainan dengan tubuh mereka dengan menggunakan isyarat dan visi komputer. Kamera-kamera digunakan dalam permainan Playstation 2 dan memungkinkan pengguna untuk mengontrol permainan dengan gerak tubuh, benda dan bahkan suara.





















Sekian aja dah, dah bingung soalnya.mudah-mudahan berguna,maapin aja yak klo ada salah kata.
oiya ketinggalan ni.
sumbernya berdasarkan http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5016733


Assalamu'alaikum Wr Wb

0 komentar:

Posting Komentar