Sabtu, 19 Maret 2011

JENIS GAME BERDASARKAN PLATFORM

Setelah kemaren saya telah menjelaskan tentang genre game. Saat ini saya akan menjelaskan tentang jenis game berdasarkan platform. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah penjelasannya.

ARCADE GAMES

Yaitu yang sering disebut ding-dong di Indonesia, biasanya berada di daerah / tempat khusus dan memiliki box atau mesin yang memang khusus di desain untuk jenis video games tertentu
dan tidak jarang bahkan memiliki fitur yang dapat membuat pemainnya lebih merasa "masuk
dan menikmati ", seperti pistol, kursi khusus, sensor gerakan, sensor injakkan dan stir mobil (
beserta transmisinya tentunya ).










PC GAMES

Yaitu video game yang dimainkan menggunakan Personal Computers.









CONSOLE GAMES

Yaitu video games yang dimainkan menggunakan console tertentu, seperti Playstation 2, Playstation 3, XBOX 360, dan Nintendo Wii.













HANDHELD GAMES

Yaitu game yang dimainkan di console tertentu atau khusus video game yang dapat dibawa kemana-mana, Contoh Nintendo DS, dan Sony PSP.









MOBILE GAMES

Yaitu games yang dapat dimainkan atau khusus untuk mobile phone atau PDA















Selain terdapat klasifikasi atau jenis game berdasarkan platform, masih terdapat juga beberapa jenis kategori-kategori lainnya sebagai berikut.

MULTIPLAYER ONLINE

Game yang lagi trend di Indonesia bahkan di dunia, menjadi salah satu titik balik mengapa dunia game dan internet di Indonesia dapat berkembang. Dan karena dimainkan online dan dengan sistem pembayaran menggunakan voucher ( walaupun ada beberapa game yang tidak menggunakan sistem pembayaran menggunakan voucher ), pembajakan sudah menjadi masalah lagi. Game yang dapat dimainkan secara bersamaan oleh lebih dari 2 orang ( bahkan dapat
mencapai puluhan ribu orang dalam satu waktu ) membuat pemain dapat bermain bersama
dalam satu dunia virtual dari sekedar chatting hingga membunuh naga bersama teman yang
entah bermain dimana. Umumnya permainan tipe ini dimainkan di PC dan bertema RPG, walau ada juga yang bertema music atau action. Contoh Ragnarok Online, O2jam, World of Warcraft, Ayo Dance, Linage, Rose Online, dan masih banyak lagi.










CASUAL GAMES

Sesuai dengan namanya, game yang casual itu tidak kompleks, mainnya rileks dan sangat mudah untuk dipelajari ( bahkan cenderung langsung bisa dimainkan ). Jenis ini biasanya memerlukan spesifikasi komputer yang standar pada zamannya dan ukurannya tidak lebih dari 100 mb, karena biasanya dapat di download versi demonya di website resminya. Genre permainannya biasanya puzzle atau action sederhana dan umumnya dapat dimainkan hanya menggunakan mouse ( biasanya game lain menggunakan banyak tombol tergantung pada gamenya tersebut. Contohnya adalah Dinner Dash, Saily
Salon, Bejeweled, Zuma, Feeding Frenzy, dan Insaniquarium











Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar