Selasa, 22 Desember 2009

Baterai Dari Kertas






Mungkin bagi kita kertas sudahlah tidak asing lagi, karena kemungkinan bagi kita hampir tiap hari pun kita bisa menemukan kertas atau melihatnya. Dan dapat dikatakan sudah terdapat beberapa orang yang dapat menggunakan kertas tersebut menjadi hasil seni dan ada yang menjadikan kertas tidak terpakai itu menjadi kertas kembali atau semacam karton.

Tetapi, kini para ilmuwan dari Standford University di California mengklaim bahwa dia telah berhasil menciptakan sebuah baterai dari bahan kertas tersebut. Selembar kertas yang di lapisi tinta dari perak dan material karbon berukuran sangat kecil telah diubah atau di sulap menjadi sebuah baterai kertas. Dengan mengambil kelebihan dari tekhnologi kertas mutakhir, rendahnya biaya produksi, dan sebagai media penyimpan energi berkualitas tinggi kini diwujudkan dengan menggunakan kertas konduktif sebagai pengumpul arus listrik dan elektroda.

Baterai kertas dapat menjalankan kendaraan elektrik atau hibrida. Alhasil, tekhnologi kertas itu akan menjadi dambaan dimasa yang akan datang. Maklum saja, ukuran baterai dan masa penggunaannya kini masih menjadi kendala dalam menyuplai energi tersebut. Masyarakat jelas semakin membutuhkan baterai yang murah dan berkemampuan yang tinggi. Dalam penelitian sebelumnya telah ditemukan lagi bahwa sebuah kabel berukuran sangat kecil dapat digunakan untuk memperpanjang daya baterai hingga 10 kali lipat dari pada baterai lithium-ion.

Berita atau informasi ini berdasarkan dari salah satu media massa yang saya baca.


0 komentar:

Posting Komentar